jump to navigation

Facebook "Haram" 24 Mei 2009

Posted by Nashori Ws in ACESORIS PONSEL.
trackback

Setelah rokok dan golput di vonis dengan fatwa haram oleh MUI, sekarang menyusul Facebook dan Freindster juga di “bandrol” haram oleh Ulama Jawa Timur dan Madura. Padahal kedua situs jaring sosial ini penggemarnya nyaris sama banyaknya dengan penggemar rokok maupun golput mania.

Maka lumrah dan wajar saja kalau fatwa haram dari para Ulama mendapat respon yang beragam. Tak beda dengan maslah rokok dan golput, fatwa tentang haramnya dua situs jejaring sosial ini juga menuai reaksi pro dan kontra, khususnya dari para FB dan FS mania yang sebagaian besar adalah kaum muda.

Alasan fatwa haramnya FB dan FS, karena bisa menimbulkan perbuatan “zina” dari para penggunanya. Alasan lain, banyak terjadi perselingkuhan dan timbulnya keretakan rumah tangga gara-gara FB dan FS. Dan saya yakin masih banyak hal-hal lain melatar belakangi turunnya fatwa “Facebook HARAM”.

Saya sebagai orang yang dilahirkan dilingkungan “wong sarungan”, sangat menghormati fatwa para ulama ini. Akan tetapi, sepertinya fatwa ini perlu ditengok kembali, sehingga hasil keputusannya bisa lebih dewasa dan tidak terkesan emosional dan arogan. Karena saya yakin, pasti banyak juga manfaat dari FB ini bagi umat Islam, walaupun situs ini lahir dari “musuh” Islam.

Bukankah semua amal perbuatan tergantung dari niat kita. Semua kembali kepada kearifan diri kita masing-masing. Kalau sudah bakatnya ngegosip dan omong kosong, tidak di FB-pun bisa. Bahkan terkadang dalam sholatpun, pikiran kesana-sana nggosipin orang lain.

Sebaliknya, kalau memang jatahnya sebagai ahli dzikir, Insya Allah,dari sesuatu yang sepelepun, bisa di gunakan sebagai sarana dakwah.
Terakhir,sebaiknya yang tua jangan merasa paling benar, dan yang muda jangan merasa lebih pintar.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: